Picture
Mungkin dua kata itu kuanggap paling tepat untuk mengungkapkan arti pentingnya kebersamaan dalam sebuah keluarga. Entah itu antara suami istri, bapak Ibu, ortu dengan anak, kakak dan ade, bahkan kita dengan pembantu di rumah pun. Terkadang kita  “lupa” menyadari pada saat kita berdekatan dengan mereka, kita tidak memikirkan bahwa arti hadirnya mereka sangat penting. Tapi.. saat kita berada di tempat yang berbeda, jauh dari mereka dan lagi sendiri betapa kita akan merasakan kesepian, kangen dan membutuhkan mereka. Apalagi kalau kita lagi jatuh sakit, di perantauan lagi. Aduuuhhh… pasti kebayang deh bagaimana rasanya menderita hidup “sebatang kara”.

setiap individu manusia pastilah memiliki keterbatasan baik masalah kemampuan sampai dengan masalah kesempatan. Dalam beberapa hal kadang kita merasa bahwa diri kita adalah superior dan serasa memiliki hampir semua kemampuan yang di miliki oleh orang lain, tidak jarang pula kadang kita  serakah dalam mengungkungi beberapa bidang baik dalam segi usaha maupun masalah  kemampuan .

siapa yang tidak kepingin sukses dalam setiap usaha yang kita bangun dengan kemadirian, tentu semua sangat menginginkan keberhasilan dalam setiap usaha yang kita rintis dan kita rencanakan dengan matang oleh konsep yang ada dalam benak kita .

Namun apabila kita kembali menyadari akan kemungkinan pada sebuah keberhasilan dalam beberapa hal kita haruslah membunuh beberapa sifat individualisme yang ada dalam diri kita , sebab kemandirian yang sukses dan berhasil bukan berarti mengagungkan egosentris yang berlebihan.


Dalam satu contoh keterbatasan yang saya miliki adalah berharganya waktu yang sangat membatasi kemampuan pada kesempatan yang akan kita lalui kadang akan terlewat dengan begitu saja tanpa membuahkan hasil, tentu bukan hal yang mudah jikala saya memiliki keinginan yang berbeda dalam waktu yang sama dan memiliki target dalam pencapaian yang sama dalam kurun waktu yang sama pula ,

Itu semua hanya sebuah ungkapanku tentang apa yang disebut dengan kebersamaan, dan hal ini pula yang senantiasa kami lakukan di sekolah, yah SLB Permatahati adalah sebuah lembaga pendidikan anak berkebutuhan khusus yang telah menjadi baigian dari keluarga buatku, kebersamaan adalah bagian penting yang tak pernah kami tinggalkan, kami telah terbiasa melakukan pekerjaan bersama, saat mengerjakan tugas tugas yang menumpuk seperti administrasi mengajar misalnya, hingga makan makan yang selalu kami agendakan di setiap minggunya.

Mungkin begitulah kegiatan kami di sekolah, satu hal yang ingin saya ungkapkan disini bahwa terkadang hidup adalah untuk berbagi, hidup terasa lebih bermanfaat ketika kita bisa membuat orang bahagia, tertawa dan kita begitu berarti bagi orang lain.

 


Comments

12/14/2011 18:13

salam kenal buat bapak ibu pengajar slb sumedang....... bila ada kesempatan luang sudlah mampir di slbpgrikalipuro.blogspot.com. Selamat berkarya.

Reply



Leave a Reply